10 Mei 2016

14 Pejabat Lampung Timur Dalami e-Kinerja PNS

Rombogan  Kabupaten Lampung Timur yang dipimpin Wakil Bupati H Zaiful Bokhari melakukan bencmarking ke Kota Banda Aceh guna mendalami e-Kinerja PNS.

Kehadiran rombongan diterima Wakil Walikota H Zainal Arifin didampingi Asisten Administrasi Umum M Nurdin S Sos diruang rapat Walikota Banda Aceh, Selasa (10/5/2016) serta beberapa pejabat Pemko lainnya antara lain Azmi, SH Kabid Kedudukan Hukum dan Kesejahteraan Pegawai pada BKPP Kota Banda Aceh, Muhammad Syarif, S.HI.M.H Kepala UPTB Penilaian Kinerja PNS Kota Banda Aceh, Faisal, S.STP Kabag. Organisasi, Maulidar, ME Kabag Administrasi Pembangunan, Dra. Fadlun Inspektur Pembantu Evaluasi Kinerja dan Akuntabilitas, Taufik Mauliansyah, S.Si.T, M.Si Kabid Pengembangan Sistem Informasi pada Dishubkominfo Kota Banda Aceh.


Dalam sambutannya Zaiful Bhokari Wakil Bupati Lampung Timur  mengatakan kepemimpinan mereka baru genap 100 hari mengungkapkan bahwa dalam rangka efektifitas dan membangun budaya kerja di Lampung Timur pihaknya memilih belajar ke Banda Aceh yang dinilai telah berhasil menata pemerintahan dalam Aspek Ketatalaksanaan, Keorganisasian dan Akuntabilias Kinerja.

Capaian prestasi ini kami dapatkan Informasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi serta Lembaga Adminitrasi Negara (LAN),”. Kedua lembaga ini menyarankan agar Kabupaten Lampung Timur belajar pada Pemerintah Kota Banda Aceh.

Lebih lanjut Zaiful, mengatakan Rekomendasi LAN RI dan Kementrian PAN dan RB  menilai Banda Aceh sudah lebih maju dari daerah lain di Indonesia, terutama dibidang IT-nya.  Selain itu, Zaiful juga mengaku akan belajar banyak hal dari Banda Aceh, diantaraya terkait dengan Regulasi, Implementasi, e-Kinerja PNS dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Apa yang kami dapat disini, akan kami terapkan di Lampung Timur. Saya harap SKPD-SKPD di sini tidak bosan-bosannya menjawab pertanyaan dari kami,” pinta Zaiful yang juga memboyong 14 Pejabat Eselon II dan III berguru pada Pemerintah Kota Banda Aceh.

Sementara itu Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin menyambut baik kedatangan tamu dari Provinsi Lampung tersebut. Namun Zainal Aripin Wakil Walikota mengatakan Lampung Timur juga memiliki banyak keberhasilan dibidang-bidang lainnya.
“Masing-masing daerah pasti memiliki keberhasilan. Mungkin kami juga bisa dishare keberhasilan dari Lampung Timur,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Zainal Arifin  juga mengundang delegasi dari Lampung untuk hadir pada kegiatan Festival Kopi Internasional dan Kuliner Aceh yang diselenggarakan dalam rangka Rakernas JKPI di Blang Padang.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum M Nurdin pada kesempatan itu berkesempatan mempresentasikan aplikasi e-kinerja PNS yang akan di adobsi oleh Lampung Timur.
Dijelaskan, aplikasi e-Kinerja PNS mulai diterapkan tahun 2012 ini sudah diadobsi oleh Kementrian dan sejumlah Pemerintah Daerah dan Lembaga di Indonesia, seperti Kemendagri, Banyuwangi, Pangkal Pinang, BPKS Sabang, Pemko Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang.

“Dengan aplikasi ini tidak ada lagi istilah pinter goblok pendapatan sama, karena kinerja PNS setiap harinya terekam jelas dan dinilai langsung oleh atasan,” ungkap Nurdin.
Katanya lagi, aplikasi ini juga dijadikan alat ukur untuk pembayaran Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) PNS di Banda Aceh.“PNS yang memiliki beban kerja lebih banyak maka akan mendapatkan penghasilan lebih banyak,” Aplikasi ini juga dijadikan salah satu referensi bagi pimpinan dalam melakukan promosi PNS.


Tidak ada komentar: