24 Des 2015

Tiga Dewi di Laut Meukek



Pantai Meukek diambil dari Photo Udara
KABUPATEN penghasil pala, Aceh Selatan, memiliki objek wisata pantai yang menawan. Topografi wilayahnya diapit Samudera Hindia dan gugusan gunung Bukit Barisan Pulau Sumatera, menciptakan panorama yang eksotis. Kecamatan Meukek merupakan salah satu spot menarik untuk menikmati keindahan alam tersebut.


Tim Aceh Tourism menyusuri tiga pantai yang diapit Dermaga Tarok di kanan dan Pulau Kroe di kiri. Jelajah dimulai dari Pantai Lhok Nibong, Pantai Ujong Nibong, hingga Pantai Lhok Mamplam.
Kami masuk melalui lorong di samping Masjid Baitul Ghafur, Desa Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek. Senandung sepi ombak terdengar setelah lima menit menapaki lorong desa yang bebatuan.
Pokok kelapa berjejer rapi bak Pantai Oahu di Hawaii. Tak ada keramaian di Pantai Lhok Nibong, lokasi pertama yang ditemui Minggu pagi itu.

Belasan boat nelayan parkir di Dermaga Tarok dengan latar Gunung Meukek yang permai. Riak menyapu bibir pantai berpasir putih yang ditimpa pecahan karang. Langit biru membentang di atas samudra.
Kami lantas menyusuri garis pantai ke kiri Lhok Nibong. Melalui celah-celah tebing gunung. Sepanjang 200 meter berlalu, tampak Pantai Ujong Nibong. Bongkahan batu besar berserakan di antara kejernihan riak. Sekilas mirip Pantai Tanjung Tinggi di Belitung, salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Bayangan pohon-pohon kelapa terdampar di permukaan air berwarna hijau tosca. Di daratan, sebuah pondok memayungi kuburan besar. Makam ulama itu biasa dijadikan warga Labuhan Tarok sebagai lokasi doa bersama menolak bala.

Pantai Lhok Nibong dan Ujong Nibong mengandung potensi eksotis yang sering dicari traveller, turis domestik dan mancanegara. Sayangnya, penduduk Labuhan Tarok belum membuka diri. Pantai itu hanya dimanfaatkan pribumi untuk menjala ikan, melepas hajatan, bersantai sore, dan memenuhi hasrat mandi di laut sesekali.


Sumber: http://www.safariku.com/foto-tiga-dewi-di-laut-meukek
 

Tidak ada komentar: